SMTOWN Live Word Tour III in Jakarta

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya tanggal 22 September 2012 tiba juga,,,

Akhirnya gw nonton juga nih SMTown setelah dihasut teman2. Yup,,,, gpp juga sih, secara mau ngeliat oppadeul yang kece2. Di acara SMTown pengisi acara yang bakalan tampil yakni: Super Junior, SNSD, Shinee, EXO, f (x), BoA, Kangta, TVXQ. Wahhh,,,, paket lengkap banget dah🙂

Yippii,,,, lengkap dengan atribut gw dan  Endah can’t wait to see perform oppadeul, terutama Suju. Setelah terkena virus K-pop dari temen2 kuliah, gw pun sudah menularkan virus tersebut ke sepupu2 gw dan teman kantor gw, intinya biar ada temen cerita bareng biar lebih seru.

Sejak SD gw dah seneng banget sama drama Korea, tapi lama kelamaan merambah ke K-pop. Nah hobbi itu sampe berlanjut sampai sekarang, gw bahkan selalu menyempatkan diri, waktu, bahkan uang, lebay,,,, untuk beli DVD drama korea (tepok jidat).

Back to concert, panggung besar, cahaya warna warni, teriakan histeris fans, light stick warna warni, woooow,,,,, its amazing,,,,, show time,,,,,

SMTown live word tour in Jakarta Daebak,,,,,


Envy abiss sama lucky fans satu ini, dia bisa bertatapan langsung bahkan dipeluk sama kyuhyun saat kyuhyun member Super Junior duet dengan Changmin TVXQ menyayikan lagu Just The Way You Are miliknya Bruno Mars. So Sweet,,,,

My Superman,,,,,,🙂

Saranghae oppadeul,,,, can’t wait to see you in SS5.


Bagaikan Gembok dan Anak Kunci

 

Apakah ada diantara kalian yang memiliki profesi  seorang guru, dosen, atau pengajar? Pada saat Anda menguji anak didik Anda dalam sebuah tes, saya yakin bahwa ketika Anda memberikan pertanyaan, Anda pastinya sudah memiliki jawabannya juga. Tidak mungkin Anda memberikan soal kepada mereka sementara Anda sendiri tidak tahu jawaban dari soal yang Anda berikan tersebut.

Hal yang sama berlaku pada sebuah pabrik pembuatan gembok. Mereka tidak hanya menciptakan gembok, tapi juga membuat kunci untuk setiap gembok tersebut. Bayangkan berapa konyolnya mereka jika mereka hanya menjual gembok tanpa anak kunci.

Dua analogi sederhana di atas kiranya memberikan pencerahan kepada kita bahwa hal yang sama Allah lakukan dalam hidup kita. Ketika Allah mengijinkan sebuah persoalan, maka sesungguhnya Dia sudah punya jawaban untuk persoalan tersebut. Allah tidak pernah membiarkan kita mengalami persoalan yang tak terpecahkan atau masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Allah menyediakan kunci untuk setiap pergumulan hidup yang kita alami. Allah tidak hanya menyediakan jawaban atau kunci untuk setiap jawaban atau kunci untuk setiap masalah yang kita alami, tetapi Allah juga bijak dalam mengukur kemampuan dan kapasitas kita dalam menanggung persoalan. Allah tidak akan pernah memberikan soal yang melebihi kemampuan kita.

Bukankah seorang guru tidak akan memberikan soal kelas VI untuk anak yang masih kelas 1? Jika seorang guru saja bisa demikian bijak dalam menakar kemampuan kita, apalagi Allah yang telah menciptakan kita?

Melalui kebenaran ini kita diingatkan agar jangan sampai menjadi orang yang mudah mengeluh dan merasa persoalan yang kita alami sangat berat dan tak tertangguhkan. Jangan juga kita menjadi orang yang mudah putus asa karena berfikir masalah kita tidak ada jalan keluarnya. Ingatlah bahwa ada soal berarti ada jawabannya, ada gembok ada kuncinya. Ketika Allah mengijinkan sebuah persoalan, Dia sudah menyediakan kunci jawannya.


Agar Hidup Lebih Bermakna

Alhamdulillah, kemarin sore saya dapat meluangkan waktu untuk mengikuti pengajian bulanan yang diadakan oleh kantor saya, berikut pelajaran yang bisa saya bagikan kepada Anda semua khususnya dapat dijadikan pelajaran buat diri saya sendiri. Ada empat hal membuat hidup bermakna:

  • Jalani hidup dengan sabar dan syukur. Semua manusia yang hidup di dunia pasti mempunyai masalah, jangan menganggap masalah yang kita hadapi adalah masalah yang terberat diberikan Allah untuk hidup kita, seorang guru SD saja tidak mungkin memberikan soal ujian kepada murid kelas 1 SD untuk menjawab soal anak kelas 6 SD. Apalagi Allah yang telah menciptakan kita, pastinya Allah lebih paham mengenai kemampuan kita. Ingat semua gembok pasti memilliki kunci jadi gak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.
  • Isilah hidup dengan karya-karya tebaik. Menjalani hidup dengan dengan sebaik-baiknya dan mengahsilkan karya-karya terbaik yang bermanfaat bagi orang lain, maka akan terasa sangat indah.
  • Jalani hidup dengan hati dan nurani. Apapun yang dijalani dengan hati maka akan terasa menyenangkan. Allah telah memberikan hati nurani kepada semua orang, tinggal bagaimana kitanya saja mengasah kepekaan nurani kita dan menggunakannya.
  • Jalani hidup dengan kekuatan doa. Doa adalah senjata kaum Muslimin. Barangsiapa yang berdoa dan mampu menggetarkan Arsy Allah, maka Allah akan mengabulkannya. Berdoalah kamu sebanyak2nya kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya, jikalau Allah belum mengabulkannya mungkin Allah menunggu waktu yang tepat untuk mengabulkan doa tersebut atau Allah akan mengabulkannya kelak nanti di akhirat.

Dengan keempat cara di atas semoga dapat membuat hidup kita semakin bermakna, karena kita tidak tau kapan dan bagaimana kita meninggal. Kematian adalah sebuiah misteri, misteri kematian  ada 3 hal, yakni:

  • Misteri sebab, kita tidak tau apa yang menyebabkan kita meninggal, seseorang yang punya penyakit ginjal saja belum tentu meninggal karena penyakit ginjal.
  • Misteri waktu, kita tidak tau kapan kita bisa meningga, bisa 1 menit lagi, 1 jam lagi, besok pagi, minggu depan, atau bahkan orang-orang tercinta kita yang bakalan meninggal terlebih dahulu.
  • Misteri tempat, kita tidak tau dimana kita bisa meninggal, bisa dikantor, bisa dijalan atau bisa di mekkah saat pergi menunaikan ibadah haji.

Misteri2 di atas hanya Allah yangn mengetahuinya, jika Allah berkehendak maka jadilah. Untuk itu manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya agar hidup kita lebih bermakna. Kira2 apa yang membuat hidup Anda menjadi lebih bermakna, sok dishare,,,


Tersenyumlah…

Seorang dokter yang sedang bergegas masuk ke dalam ruang operasi. ayah dari anak yang akan dioperasi menghampirinya dan berkata:

“Kenapa lama sekali Anda sampai ke sini?”

“Apa Anda tidak tahu nyawa anak saya terancam jika tidak segera dioperasi?”, labrak sang Ayah.

Dokter itu tersenyum dan berkata, “Maaf, saya tidak sedang di Rumah Sakit tadi, tapi saya secepatnya datang ke sini setelah ditelepon oleh pihak Rumah Sakit”

Kemudian si Dokter menuju ruang operasi, setelah beberapa jam ia keluar dengan senyuman diwajahnya, “Alhamdulillah keadaan anak Anda kini telah stabil”. Tanpa menunggu jawaban sang Ayah, Dokter tersebut berkata: “Suster akan membantu Anda jika ada yang ingin Anda tanyakan” Dokter tersebut pun berlalu.

“Kenapa Dokter tersebut angkuh sekali? Dia kan sepatutnya memberikan penjelasan mengenai keadaan anak saya” kata sang Ayah kepada suster. Sambil meneteskan air mata suster itu menjawab: “Anak Dokter tersebut meninggal dalam kecelakaan kemarin sore, ia sedang mennguburkan anaknya saat kami meneleponnya untuk melakukan operasi pada anak Anda. Sekarang anak Anda telah selamat, dan ia bisa kembali berkabung”.

 

Jangan pernah terburu-buru menilai seseorang

Tapi maklumlah tiap jiwa disekeliling kita yang menyimpan cerita kehidupan tak terbayangkan di benak kita.

Ada air mata dibalik setiap senyuman

Ada kasih sayang dibalik setiap amarah

Ada pengorbanan dibalik setiap ketidakpedulian

Ada harapan dibalik setiap kesakitan

Ada kekecewaan dibalik setiap derai tawa

Semoga bermanfaat agar kita menjadi manusia dengan rasa maklum yang semakin luas dan bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan dalam hidup ini

INGAT, kita bukan satu-satunya manusia dengan segudang masalah…

Tersenyumlah….^_^

Senyum mampu membasuh setiap luka

Maafkanlah….

Maaf mampu menyembuhkan semua rasa sakit

 

Hari ini aku menyapa engkau dengan senyuman…^_^

Semoga harimu indah….^_^


b.i.s.k.u.i.t

Seorang janda miskin bernama Siu Lan mempunyai seorang anak berumur 7 tahun bernama Lie Mei. Kemiskinan membuat Lie Mei harus membantu ibunya untuk berjualan kue di pasar, sehingga ia tak sempat untuk bermalas-malasan bahkan bermanja ria dengan ibunya sendiri. Pada saat musim dingin, saat selesai membuat kue, Siu Lan melihat keranjang kuenya sudah rusak dan Siu Lan pun berpesan kepada Lei Mie untuk menunggu di rumah karena ia akan membeli keranjang kue yang baru.

Saat pulang, Siu Lan tidak menemukan Lie Mei di rumah, Siu Lan pun langsung sangat marah. Putrinya benar-benar tidak tau diri, hidup sudah susah tapi masih juga pergi main-main, padahal tadi sudah dipesan agar menunggu rumah. Akhirnya Siu Lan pergi sendiri untuk menjual kuenya dan sebagai hukuman pintu rumahnya dikunci dari luar agar Lie Mei tidak dapat masuk. Putrinya mesti diberi pelajaran, pikirnya geram.

Sepulang dari jualan kue, Siu Lan menemukan Lie Mei, gadis kecil itu tergeletak di depan pintu. Siu Lan berlari memeluk Lie Mei yang membeku dan sudah tak bernyawa lagi. Jeritan Siu Lan memcah kebekuan salju dan saat itu ia menangis meraung-raung, tetapi Lie Mei tetap tidak bergerak. Dengan segera Siu Lan membopong Lie Mei masuk ke dalam rumah. Siu Lan mengguncang-guncang tubuh beku putri kecilnya sambil meneriakkan nama Lie Mei. Tiba-tiba sebuah bingkisan kecil jatuh dari tangan Lie Mei. Siu Lan mengambil bungkusan kecil itu dan membuka isinya. Isinya ternyata ada sebuah biskuit kecil yang dibungkus kertas usang dan tulisan kecil yang ada di kertas adalah tulisan Lie Mei yang berantakan tapi masih bisa dibaca, “Mama pasti lupa, ini hari istimewa bagi Mama, aku membelikan biskuit kecil ini untuk hadiah, uangku tidak cukup untuk membeli biskuit yang besar. Selamat Ulang Tahun Mama”.

Kisah nyata ini dimuat di harian Xia Wen Pao-Cina tahun 2007

Dari kisah diatas ada bebrapa hal yang kita jadikan pelajaran:

* Negative thingking dapat menyebabkan penyesalan seumur hidup

*Ayo berpositive thingking dan bijak sebelum bertindak, karena penyesalan selalu datang terakhir

* Emosi adalah kecepatan lidah bekerja dibandingkan dengan fikiran

Ini adalah satu satu broadcast yang saya terima dari teman kuliah, sengaja saya posting disini, untuk dapat dijadikan renungan untuk saya dan dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua.

 

 

 


Cerita Ikan Salmon

Untuk masakan Jepang, kita tahu bahwa ikan salmon akan lebih enak untuk dinikmati jika ikan tersebut masih dalam keadaan hidup saat hendak diolah untuk disajikan. Jauh lebih nikmat dibandingkan dengan ikan salmon yang sudah diawetkan dengan es. Itu sebabnya para nelayan selalu memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan salmon2 tersebut tetap hidup. Mesti demikian pada kenyataannya banyak salmon yang mati dikolam buatan tersebut. Bagaimana cara mereka menyiasatinya?

Para nelayan itu memasukkan seekor hiu kecil dikolam tersebut. Ajaib…!!!, hiu kecil tersebut “memaksa” salmon2 itu terus bergerak karena jangan sampai dimangsa. Akibatnya jumlah salmon yang mati justru sangat sedikit.

Diam membuat kita mati! Bergerak membuat kita hidup!. Barangkali itulah pesan moral yang dapat kita tangkap dari gambaran di atas. Apa yang membuat kita diam? saat tidak ada masalah dalam hidup dan saat kita berada dalam zona nyaman. Situasi seperti ini kerap membuat kita terlena. Begitu telenanya sehingga kita tidak sadar bahwa kita telah mati. Ironis, bukan??

Apa yang membuat kita bergerak? masalah, pergumulan dan tekanan hidup. Saat masalah datang secara otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif dan berusaha bagaimana mengatasi semua pergumulan hidup itu. Disaat-saat seperti itu biasanya kita akan lebih ingat kepada Allah SWT dan berharap kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, kita menjadi kreatif dan potensi diri kita pun menjadi berkembang luar biasa.

Ingatlah bahwa kita akan bisa belajar banyak dalam hidup ini bukan pada saat keadaan nyaman, tapi justru pada saat kita menghadapi badai hidup. Itu sebabnya syukurilah “hiu kecil” yang terus memaksa kita untuk bergerak dan tetap survive. Masalah dalam hidup adalah baik, karena itulah yang membuat kita terus bergerak.

Tulisan ini saya peroleh dari teman saya, dan saya posting untuk mengingatkan pada diri sendiri sekaligus untuk menyemangati diri ini untuk tegar dalam menjalani masalah hidup yang ada. Karena dalam hidup ini pasti ada masalah, saya jadi teringat salah satu komentar dari teman bloging saya yakni justru hidup tanpa masalah itu baru jadi masalah.

Bersyukurlah jika kita masih diberikan masalah dari-Nya, karena Allah ingin melihat seberapa besar perjuangan kita untuk menghadapinya sekaligus untuk mengukur seberapa besar tingkat keimanan kita kepada-Nya. Semoga kita senantiasa selalu berada di jalan-Nya, aamiin….


Emang bukan rezekinya ^_^

Hari ini, sebelum kerja saya mau ke ATM dulu di loby kantor, setelah melakukan transaksi ternyata uangnya ga keluar2 tapi saldo rekeningnya sudah berkurang, huft….memang bukan rezeki saya, mau diapakan lagi. Walaupun saya lapor ke CS banknya juga ga bakalan mau untuk mengganti uang saya yang hilang. Tapi, atas kejadian ini saya bersyukur Alhamdulillah ya Rabb, atas teguran-Mu kepadaku, ini berarti secara tidak langsung Engkau telah  mengingatkanku untuk bersedekah atas rezeki yang telah Engkau berikan kepadaku, mengingatkanku untuk tidak kikir ,mengingatkanku agar sering memberi kepada yang tak mampu.

Mungkin itu memang bukan rezeki untuk saya, yah sudah direlakan saja. Allah mungkin akan menggantinya dengan rezeki yang lebih banyak lagi, aamiin, husnuzon sajalah di sama Maha Yang Memberikan Rezeki. Dibulan Ramadhan yang penuh berkah, ini hanyalah sekedar sentilan dari Allah, untuk melihat seberapa besar keikhlasan dan kesabaran saya dalam menghadapinya.

Saya langsung teringat sama kejadian teman dan saudara saya yang berhubungan dengan ATM, saudara saya pernah mengalami nasib yang sama seperti saya, bahkan nominal uangnya lebih banyak dari saya. Lebih tragis lagi kisah teman saya, waktunya kejadiannya hampir bersamaan dengan saya, yakni mendekati lebaran tiba, teman saya ke ATM mau ambil uang untuk dibawa pulang kampung, tapi ternyata kartu ATMnya malah tertelan oleh mesin ATMnya. Trus, dia langsung telpon call center yang tertera di mesin ATM, dan ternyata dia diminta nomor pin sama operator bank tersebut. Setau saya nomor pin itu hanya kita yang tau dan petugas bank pun ga bakalan nanya nomor pin kita. Karena teman saya sudah bingung dan panik, akhirnya dia menyebutkan nomor pinnya, maka terkuraslah semua uang yang ada di rekeningnya. Operator tersebut hanyalah oknum yang tidak bertanggung jawab, tidak mau bekerja keras dalam mencari uang, padahal teman saya itu sudah susah payah mengumpulkan uang buat lebaran kok malah ditipu ya….astagfirullahalaziim, kok ada ya orang jahat banget.

Untuk itu, ada tips buat temen2 klo lagi ngambil ATM,

  1. pertama: cari letak ATM yang ramai jangan yang sepi, karena bisa jadi ATM itu sudah disabotase oleh oknum tertentu.
  2. kedua: jangan langsung percaya sama call center yang ada di mesin ATM, bisa jadi itu modus operandinya si penjahat, untuk itu kita harus tau call center bank sebenarnya.
  3. ketiga: jaga kerahasiaan nomor pin anda, jangan kasih tau siapa2, sekalipun itu teller bank, lagipula teller ga bakalan nanyain no pin kita berapa, klo petugas banknya nanya no pin berarti patut dicurigai.
  4. keempat: jangan panik jika ada masalah atau gangguan, tetap berpikir jernih.
  5. kelima: belajar ikhlas, jika memang uang anda sudah terambil sama orang lain.

Intinya, semua musibah pasti ada hikmahnya, bercerminlah pada hatimu, apakah kita sudah bersyukur atas segala nikmat dari-Nya?


life is choice

tentukan pilihan hidup mu

Siang ini, di masjid kantor ada tausiyah sangat menarik, yakni tentang hidup adalah pilihan  dengan pembicara felix (seorang alumi IPB sekaligus mualaf sejak umur 18 tahun), karena tema dan penyampaiannya sangat menarik maka saya memutuskan untuk tidak tidur siang tetapi fokus mendengarkan tausiyahnya. Berikut kesimpulan yang saya dapatkan dari tausiyah tadi siang ba’da sholat zuhur. Cara meramal masa depan hidup kita:

1. Hidup adalah pilihan, hidup kita sekarang adalah pilihan kita dimasa lalu dan hidup kita nanti ditentukan dari sekarang.Anda sekarang menjadi berhasil menjadi pengacara hebat karena dulu Anda memutuskan untuk belajar hukum dengan giat dan sekarang sukses, tapi jika Anda sekarang menjadi seorang tukang becak karena dulu Anda malas sekolah dan malas belajar.

2. Hidup adalah pilihan, dan hanya satu pilihan yang dapat dibuat dalam kehidupan (karena terlalu banyak pilihan membuat hidup semerawut, untuk itu jalani satu pilihan dan tekuni itu). Makdunya gini loh…jika Anda mempunyai 2 pilihan mau punya 1 iatri atau 2 istri?? memang disunahkan untuk memiliki lebih dari 1 orang istri tapi harus bisa berlaku adil. Dari pada ribet punya dua istri dan ga bisa berlaku adil mending urusin 1 istri saja yang bener, iya gak??

3. Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan mempunyai resiko, sudah memilih saja berisiko tapi klo tidak memilih bakalan berisiko juga kok, contohnya hidup menjadi orang baik atau hidup menjadi orang jahat? itu adalah pilihan tapi semuanya bakalan merasakan mati juga, tapi mendingan menjadi orang baik klo sudah mati bisa masuk sorga. Klo boleh ngsih contoh, lebih enak naik kendaraan apa ya? naik pesawat takut jatuh, naik kapal laut takut tenggelam, naik mobil takut ketabrak, mending jalan kaki ajah deh…eitss….jangan kira jalan kaki tidak beresiko loh ya…karena klo pejalan kaki itu resikonya ya ditabrak…jadi pilih yang mana??

4. Hidup adalah pilihan, mau jadi orang biasa atau menjadi orang istimewa??. Karena orang istimewa itu sedikit jumlahnya dibandingkan orang yang biasa, akan tetapi orang yang sedikit itu belum tentu menjadi orang bener tapi orang bener itu jumlahnya seidkit, maka hati2lah dalam bergaul. Klo boleh nanya, lebih susah mana masuk sorga atau masuk neraka??. Lebih susah masuk sorga lah (nenek juga tau ya kayanya), tapi klo menurut saya (pembicaranya) lebih susah masuk neraka karena klo mau ke surga yakni dengan sholat dimasjid ga perlu bayar alias gretongan tapi klo ke neraka yakni dugem di diskotek harus bayar.

Hidup manusia bagaikan nelayan di atas sampan yang berada di lautan lepas, ia bisa mengayuh sampannya ke kanan atau ke kiri dan ia bertanggung jawab sendiri atas pilihannya, begitu juga hidup manusia, hidup saya, hidup kita. Hidup adalah pilihan, anda menjadi seorang karyawan, pengusaha, kuli, adalah pilihan Anda. Anda mau jadi orang sukses tanpa kerja keras nothing karena sukses datang tidak dengan ujug ujug (ngarti kaga???, keluar dah bahasa daerahnya) maksudnya sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi butuh kerja keras, doa, pengorbanan, bahkan segenggam air mata.


Itung2an???

Sudah lama neh ga posting, secara saya baru pindah bagian jadi masih banyak belajar #infogapentingbangetya. Maksud hati ingin sekali posting tapi apa daya pekerjaan menumpuk, wokeh saya mau berbagi cerita nih kali ini. Hari  Senin lalu saya mendengarkan ceramah di masjid kantor tapi  saya akan menceritakannya hanya sekilas mengenai ceramah tersebut, karena saya ngedengerinnya sambil tidur2an eh ampe tidur beneran saking khusyuknya mendengarkan  (alasan ajah di…). Dalam ceramah Pa Ustadz mengatakan  ada dua hal yang tidak bisa dihitung oleh manusia, yang pertama  yakni nikmat dari Allah SWT. Kalo kita mau itung2 kayanya ga mungkin bin mustahil ya untuk menghitungnya, karena sudah terlalu banyak nikmat yang telah Allah kasih untuk kita. Kalo sama teman kita masih bisa itung2an tapi klo sama Sang Pencipta??

Coba kita renungkan sejenak mulai dari pagi sejak kita bangun tidur ampe sekarang, berapa banyak nikmat dari-Nya? Tapi klo bangun kesiangan nikmat juga bukan? itumah kamu di… pake nanya orang lain. Kalo menurut saya itu merupakan nikmat juga coz secara tidak langsung kita tidak menyadari klo kita sudah dihidupkan kembali dari tidur kita semalam, coba klo tidur untuk selamanya dan ga dibangunkan lagi. Untuk itu setidaknya klo bangun tidur biasakanlah untuk membaca:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Hal yang kedua yang tidak bisa dihitung oleh manusia yakni, dosa yang telah kita perbuat. Astagfirullah… dosa saya sudah banyak sekali Ya Rabb semenjak kecil hingga sekarang sudah banyak sekali dosa yang saya lakukan. Pa Ustadz memberikan contoh yakni jika kita satu hari melakukan dosa kecil berupa dosa mata sebanyak satu kali maka  jika dikalikan selama setahun hasilnya adalah 365 dosa mata, klo dikalikan umur kita, berapa banyak dosa yang telah kita perbuat, Astagfirullahhalazim…..

Untuk itu yuk kita perbanyak istigfar untuk mohon ampun sama Allah…

Tulisan ini saya buat khususnya untuk mengingatkan pada diri sendiri dan  keluarga, bukan untuk menggurui atau menghakimi, karena saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari dosa dan salah.


Nyicil Utang yu…

Ramadhan sebentar lagi….Ramadhan sebentar lagi….

Yaps….Ramadhan tinggal 2 bulan lagi….yang cewe2 dah pada bayar puasanya belum???, sekedar mengingatkan khususnya untuk  diri sendiri, adik2ku, keluargaku en sahabat2ku…Yuks pada bayar puasa skaligus membiasakan diri sebelum menyambut datangnya bulan Ramadhan, saya sendiri juga utangnya belum lunas, he…he….

Biasanya banyak orang termasuk diri saya sendiri yang baru bayar utang puasa Ramadhan mendekati bulan Ramadhan tiba (semoga saya bisa merubah kebiasaan buruk ini ya). Padahal kan saya bisa membayarnya jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba lagi, bener ga??. Tapi karena belum ada tekanan kadang saya suka menunda-nunda untuk bayar utang puasa (malas sekali saya ya), tekanan disini ya karena Ramadhan bakalan datang 2 bulan lagi, saya jadi terpacu untuk mebayar utang puasa saya.

Kemarin pas mau maksi sama temen kantor, kita lagi ngomongin bayar utang puasa Ramadhan, eh…pas dengerin ceramah di Masjid ba’da zuhur tema ceramahnya saman, kok bisa ya???. Intinya Pa Ustadz mengajak kita untuk semangat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Waktu kemaren  ada acara KIMCHI pas SUJU mau dateng ke sini, acaranya kan sudah dikkabarin dari jauh2 bulan sebelumnya bukan? terus para penggemarnya sangat amat antusias padahal tiketnya mahal banget, paling murah 500rb tapi banyak yang beli termasuk teman saya, he…he…peace ah. Klo bulan suci Ramadhan tiba bagaimana? apakah seantusias itu? padahal kan klo bulan suci Ramadhan ga perlu bayar tiket semahal ituh, tiketnya gretongan cyin…

Selain itu kita juga harus mempersiapkan ilmunya, jangan sampai ketika tiba bulan Ramadhan kita masih bingung klo kentut pas puasa batal atau engga?, klo ilmunya sudah dapet jangan lupa untuk menyusun program apa saja yang bakalan dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Misalkan program Ramadhan kali ini mau melakukan Shalat Tarawih full selama sebulan tanpa bolong2 klo perlu fotokopi buku agenda Ramadhan anak SD ajah trus klo abis tarawih minta pafar sama imamnya deh…(ga segitunya juga kale di…..), ya pokoknya atur program sebisanya deh biar apa yang sudah kita programkan bisa terlaksana jangan cuma sekedar program.

Saya jadi inget 3m nya a’a gym, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai dari sekarang. Tidak ada salahnya kan jika kita mulai membiasakan untuk rajin ibadah tanpa perlu menunggu bulan Ramadhan tiba. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan taun kemarin. Jangan mensia-siakan Ramadhan untuk berlalu begitu saja karena belum tentu ketika Ramadhan tiba kita masih hidup…Bukan bermaksud untuk menggurui orang lain, karena diri sendiri pun masih banyak kekurangan, hanya sekedar mengingatkan khususnya untuk diri sendiri dan para sahabat yang sudah berkunjung disini…Smoga kita berada dalam kebaikan dan lindungan-Nya ^_^


L.U.P.A

Oh…My God, saya lupa ultah sahabat saya sendiri, sahabat macam apa ya saya ini, sampai lupa ultah sahabatnya sendiri (sambil mentoggin jidad ke tembok). Yaps sahabat saya yang bernama Anggie Nirmalani  berulang tahun hari Jumat tanggal 3 Juni kemarin tapi saya ngucapinnya hari Sabtunya, itu juga diingetin sama orang yang ulang tahun, sorry ya say…gw lupa banget coz gw lagi sibuk (alasan ajah ya saya).

Anggie adalah sahabat saya sewaktu kuliah di UIN Syarif Hidayatullah, saya kenal dia sejak tahun 2006 lalu, saat hari pertama kuliah di kampus dan ternyata kita satu kelas. Walaupun kita sudah pada lulus kuliah hubungan kita masih terjaga loh. Sahabat saya bukan hanya Anggie saja, tapi ada Amel, Fitri dan Dyfa, temen satu genk saat kuliah maennya genk-an nih ceritanye…??).

Di dalam genk kita itu dari tahun pertama kuliah ada ritual di setiap ulang tahun, ritual ini masih kita jalanin sampe sakarang. Ritualnya biasa saja sih…tapi karena kita anak fakultas ekonomi kita pasti memperhitungkan segala sesuatunya termasuk budget kado hadiah dan traktirannya itu harus disepakati semuanya dan harus disamaratakan. Bagi orang yang ulang tahun ia bebas menentukan hadiah apa yang ia mau tapi tidak melebihi budget yang disediakan. Waktu tahun pertama ritual ini, kami sok2-an untuk surprise saat memberi kadonya tapi terkadang kadonya ga sesuai dengan selera orang yang ulang tahun, akhirnya aturannya diubah dan orang yang ultah boleh memilih langsung kadonya ditempat (on the spotlah) dan sahabat2 lainnya siap2 untuk mengeluarkan duit untuk membayarnya, tapi harga barangnya di bagi empat yak….jadi lebih ringan untuk membayarnya….^_^

Untuk sahabat yang tidak berulang tahun, juga berhak mengajukan tempat traktiran, tapi kita sadar diri juga lah tidak mengajukan traktiran yang mahal. Lagi pula kan traktirannya dibudgetin per satu orangnnya berapa, klo traktirannya melebihi budget yang sudah ditentukan ya orang itu nombok sendirilah (balik lagi, karena kami anak fak. ekonomi, bastinya ga mau rugi…dan pasti bakalan ada itung2annya), klo dipikir2 perhitungan banget ya kita sama sahabat sendiri, tapi memang seperti itulah biar jelas dan adil.

Foto di atas adalah foto pada saat traktiran dari fitri, amel dan dyfa, mereka patungan untuk mentraktir kami  ke dufan. Semoga persahabatan kita tetap terjaga selamanya….jika tua nanti kita tlah hidup masing2 ingatlah hari ini….(sing#project pop)


Award Untuk ku dan Sahabat

Pagi2 baru nyampe kantor, langsung cek email, ada email masuk dari blognya Bunda pas saya baca Bunda baru dapet award dari Mas Isro. Di dalam postingannaya Bunda, Mas Isro mengamanatkan untuk membagikan awardnya lagi ke yang lain. Karena Bunda dapet award dari Mas Isro maka Bunda pun akan membagikan award juga kepada lima orang sahabat2nya ternyata… eh…ternyata…..eng…ing…eng…… nama saya tercantum di dalamnya loh (jadi terharu saya….ck…ck….^_^) soalnya ini adalah award pertama saya, terima kasih banyak ya Bunda…..^_^

Karena sudah mendapat award dari Bunda, maka saya juga ingin membagi-bagikan award juga untuk sahabat2 saya yang sudah berkenan mampir dan komentar disini. Sahabat2 saya jumlahnya masih sangat sedikit, masih bisa dihitung pake jari pula, lagipula saya masih newcomer di dunia blog, tapi saya sudah janji dengan Bunda untuk membagi award ini dengan sahabat2 saya yang lain.

Dan orang yang terpilih adalah: (eng…ing…eng….)

1. aNex Curut

2. dhila13

batavusqu-award

3. ~Amela~

4. greenyazzahra

5. ehfazella

 

 

 

Semoga sahabat2 yang terpilih berkenan untuk menerima award dari saya yang masih newcomer ini, seenggaknya kita bisa menjalin silaturahim, keep bloging ya sahabat ^_^


Liburan @Bandung

Aseekkk….jalan2 ke Bandung….^_^, tepatnya perbatasan antara Bandung dengan Sumedang lebih tepatnya lagi adalah goes to Cicalengka Rancaekek Bandung….

Mumpung ada sodara yang tinggal di Bandung, saya dan keluarga saya memutuskan untuk jalan2 ke Bandung ketika long week and bulan April lalu. Yaps…sebenarnya males sih…liburan pas long week and coz jalanan pasti bakal macet dan pastinya susah dapet bus secara saya dan keluarga saya ke sananya menggunakan bus jurusan lebak bulus-garut atau lebak bulus-tasikmalaya, yah…pokoknya via tol cileunyilah. Soalnya saya pernah punya pengalaman ketika long week and tahun lalu pas arus balik dari Cicalengka sampe Pasar Rebo sekitar 3,5 jam saya berdiri sangking ga kebagian duduk di bus dan setiap bus yang lewat penuh2 semua.

Akhirnya saya dan keluarga saya liburan juga ke Bandung, ketika tiba di terminal lebak bulus, saya bengong… bus yang biasanya saya tumpangi itu selalu berjejer rapi, tiba2 kosong ga ada bus sama sekali sedangkan penumpangnya dah berjejer nungguin bus itu dateng. Alhasil saya dan adik saya berebut tempat duduk ketika bus yang ditunggu2 datang, sampe sendal saya putus bahkan ada orang yang hampir keserempet bus itu, butuh perjuangan sekali untuk mendapat sebuah tempat duduk, ck…ck…

Diskip dulu ya…cerita pas perjalanan pergi ke Bandungnya, kali ini saya mau narsis dulu neh…keren khan?? modelnya atau pemandangannya??

keren khan?? modelnya atau pemandangannya?? ^_^

Eits…ga cuma itu, masih ada yang ini juga….

kaki: devy, diana, dhiyaa

Bukan cuma saya yang mau eksis, adik2 saya juga mau eksis neh…Udah ah…narsisnya…

Di Bandung bukan hanya pemandangannya aja yang indah tapi banyak jajanan yang enak plus aneh, lain kali saya akan posting makanan dari Bandung. Biasanya selain jalan2 ke sawah saya juga suka ke bukit yang ada di deket rumah sodara saya di samping bukit itu ada danaunya, keren deh….kapan2 akan saya posting juga kok.

Perjalanan perginya ternyata ga sebanding dengan perjalanan pulangnya, Yap….karena tidak ingin mengulangi kejadian taun lalu yang saya berdiri selama 3,5 jam, akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk ikut bus menuju Garut dulu, jadi rutenya adalah Cicalengka-Garut-Cicalengka-Pasar Rebo. widih….jauh banget…saya berangkat pulang dari Cicalengka ba’da zuhur jam 12an lah tiba di terminal Garut jam 13.30 sampe dirumah jam 8 malem, sangat melelahkan sekaligus mengasikkan karena sudah bertemu dengan sodara plus maen ke sawah…


Apalah artinya sebuah nama

Pernah denger ungkapan apalah artinya sebuah nama?

Apa arti sebuah nama menurut kamu?

Kalo saya sendiri arti nama itu adalah doa, doa yang diberikan Ayah, Ibu, Nenek, Kakek, Om, Tante, (panjang banget dong namanya?) atau keluarga kita pada anaknya yang baru lahir dan berharap anaknya bisa sesuai dengan arti dari namanya sendiri. Sang Ayah dan Ibu pasti menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang soleh/solehah, pintar, sehat, pokoknya yang baik-baik deh, so pasti mereka punya tujuan tersendiri untuk memberikan sebuah nama kepada anaknya.

Nama saya sendiri adalah Diana Febilia menurut Ibu saya, Diana diambil dari gabungan Ayah dan Ibu saya, bisa juga diartikan sebagai dian yang bahasa arabnya artinya cahaya. Kalau Febilianya itu diambil dari nama bulan yakni bulan Februari karena saya lahir dibulan Februari (ya iyalah…masa bulan Agustus) tepatnya tanggal 14 Februari ulang tahun saya (info gag penting) ^_^

Yaps, itulah arti nama saya, bagaimanapun artinya saya bangga dengan nama itu. Terimakasih Bapak dan Mamah sudah memberikan nama itu ke saya.

Saya pernah denger loh ada seorang anak bernama dede krismon, karena dia lahir pas krisis moneter tahun 1998. Ada juga tente saya bernama Rita Astarita, kata Rita diambil dari kata menderita karena ketika tante saya lahir keluarga saya hidupnya sedang menderita. Beda lagi dengan orang jaman dulu, tetangga saya ada yang bernama Bona (saya manggilnya Cang Bona), menurut sumber yang terpercaya kata Bona diambil karena Cang BOna lahir di hari Rabu, sehingga diberi nama Bona (nyambung ga?). Adalagi tetangga saya namanya Saanih (saya manggilnya Ibu Saanih),Konon Ibu Saanih itu lahir di hari Selasa, sa…saanih deh jadinya.

Beda lagi dengan anak zaman sekarang, ada saudara saya namanya puanjang banget, kalo ga salah namanya Andi Firiyal Aluradinov Hana Mumtaz Daeng Ngugi, dipanggilnya Firiyal, sumpah panjang banget ya namanya…Bertolak belakang dengan Om saya (saya manggilnya Abang), Awalnya nama Abang saya adalah Edy to.. ga ada terusannya lagi, ketika mau daftar SD, ditanya sama kepala sekolahnya, berikut percakapannya:

Bapak Kepsek:   namanya siapa?

Abang saya    :   Edy

Bapak Kepsek:   nama panjangnya Edy, maksud Bapak  Edy doang???

Abang saya    :   iya Pak

Bapak Kepsek:   Bagaimana jika ditambahkan dengan Setiadi?

Setelah berbincang dengan keluarga dan keluarga pun menyetujui alhasil nama Abang saya menjadi Edy Setiadi.
Panjang, pendek, diambil dari nama hari…apapun itu semua nama pasti punya makna tersendiri, karena nama adalah doa, apapun nama yang diberikan oleh orang tua kita patut disyukuri.


Dimana Ayah

Pada suatu malam disebuah rumah yang berisikan keluarga kecil, terdiri dari ayah, ibu, dan sepasang anak kecil, anak pertama seorang wanita berumur 5 tahun dan anak kedua seorang laki-laki berumur 1 tahun. Ketika tengah malam tiba, saat keluarga kecil  itu tertidur lelep tiba-tiba anak laki-laki kecilnya jatuh dari atas tempat tidur, si ibu pun langsung bangun dan menggendong anaknya yang menangis karena kesakitan, lalu apa yang biasanya dilakukan sang ayah?

a. apakah si ayah akan membantu si ibu untuk menggendong anaknya atau

b. si ayah pura-pura tidur karena tidak mau membantu si ibu atau

c. si ayah marah-marah karena suara tangis dari si anak mengganggu tidurnya.

Dalam cerita ini si ayah bukanlah melakukan seperti pada point a, tetapi si ayah ini melakukan hal seperti point c, sangat disayangkan. Terlebih lagi si ayah bukan hanyamemarahi si ibu karena tidak becus menjaga anak tetapi si ayah malah pergi meninggalkan istri dan anaknya untuk pergi ke rumah ibunya dan melanjutkan tidurnya. Astagfirullah….kemana hati si ayah pergi??. Tinggallah si istri mengurusanaknya yang masih menangis. Memang benar menjaga, merawat, mendidik adalah tugas ibu, tapi ibu butuh bantuan dari ayah untuk semua itu…tapi dimana ayah berada saat ibu membutuhkan bantuannya?? Dimana ayah??

Ibu sudah seharian menjaga, memasak, mencuci, dan mengurus rumah serta merawat anak ketika ayah sedang bekerja, ibu tau ayah capek karena telah bekerja seharian di kantor. Tapi apakah ayah tak mau berbagi dengan ibu untuk merawat anak kita?? Ibu sebisa mungkin untuk tidak mengeluh di depan ayah saat ayah pulang kerja, malah tanpa disuruh pun ibu selalu membuatkan teh atau kopi, menyempatkan diri untuk mendengarkan keluhan ayah mengenai pekerjaan walaupun ibu sudah sangat mengantuk tapi ibu masih mau berbagi dengan ayah. Tapi dimana ayah saat ibu membutuhkan pertolongan ayah. Apakah seorang pria malu jika harus mengurus anak apalagi menceboki anaknya ketika anaknya pup, mengganti popok, menyuapinya, memandikannya, apakah ayah malu melakukan itu semua? apakah ayah malu karena ayah seorang pria tidak pantas melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan seorang wanita?


Wahai Tuhan kami! Karuniakanlah kepada kami istri dan keturunan yang menjadi cahaya mata, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang memelihara dirinya (dari kejahatan) .” (Q.S. Al-Furqaan [25]:74)


Bersykurlah…

Sebelum berangkat kerja, pagi ini saya menyempatkan diri untuk   menonton acara Islam itu Indah di tras tv dengan narasumber Ustadz. Nur Maulana. Walaupun ga ampe abis nontron acara itu, tapi sangat besar maknanya buat saya.

Dalam ceramahnya Pak Ustadz mengatakan bahwa di dunia ini Allah menguji manusia itu dengan harta, tahta, dan wanita. Orang miskin diuji dengan kemiskinannya supaya dia bersabar, sedangkan orang kaya diuji kekayaannya supaya dia merasa bersyukur. Dan kita akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang kita miliki kelak di akherat.

Dalem banget ya maknanya, ucapan dari Pa Ustadz itu mengingatkan saya untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan sekaligus mengajarkan saya untuk tetap bersabar dalam menjalani kehidupan.  Manusia itu memang tidak ada puasnya ya?, sudah dikasih ini, minta itu, istilahnya sudah dikasih ati minta jantung, mungkin karena orang itu ga merasa bersyukur kali ya atas apa yang telah Allah berikan. Padahal kan jika kita bersyukur Allah akan menambah nikmat-Nya untuk kita, bukan begitu?

Kalau kita cermati, sebenarnya Allah itu sudah membuat takaran yang cukup atas rizki yang diberikan kepada kita, yah…kalau Allah memberi rezeki lebih mungkin Allah ingin menguji kita supaya kita bersyukur, kalo kurang ya mungkin Allah ingin melihat seberapa besar kesabaran kita menghadapai itu, tapi mesti harus disyukuri juga dong walaupun sedikit.

Saya jadi teringat teman saya yang  sudah sukses, kalo saya mendengar cerita dia, seneng sekali rasanya jika hal itu terjadi kepada saya (tapi sayangnya itu bukan rezeki saya tapi rezeki temen saya), karir mapan, gaji gede, sering pergi ke luar kota, wah… enak ya hidup teman saya ini (semoga dia senantiasa selalu bersyukur). Tapi ada juga teman saya yang selalu menceritakan pekerjaannya dan merasa dirinya sudah hebat dibanding temen-temanya, sombong banget si teman saya yang satu ini….Inget fren, hidup cuman sementara dan harta yang kita punya akan dibawa mati.

Dari lubuk hati yang paling dalam, saya sangat bersyukur dengan apa yang saya punya, perkerjaan saya (walau cuma karyawan kontrak), keluarga yang mencintai saya, teman-teman yang sangat peduli dengan saya, begitu banyak nikmat yang Allah telah berikan kepada saya. Dan saya  yakin, Allah itu sudah memberi takaran yang pas untuk saya,  saya juga merasa sangat bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan.

Allohumma inni asa’luka ilmannafiaa’ waasaluka rizqon waa siaa’ waa amalammutaqobbalaa

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, aku mohon kepada-Mu rezeki yang luas, dan aku mohon kepada-Mu amal yang diterima

Semoga kita senantiasa menjadi orang yang pandai bersyukur