Apalah artinya sebuah nama

Pernah denger ungkapan apalah artinya sebuah nama?

Apa arti sebuah nama menurut kamu?

Kalo saya sendiri arti nama itu adalah doa, doa yang diberikan Ayah, Ibu, Nenek, Kakek, Om, Tante, (panjang banget dong namanya?) atau keluarga kita pada anaknya yang baru lahir dan berharap anaknya bisa sesuai dengan arti dari namanya sendiri. Sang Ayah dan Ibu pasti menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang soleh/solehah, pintar, sehat, pokoknya yang baik-baik deh, so pasti mereka punya tujuan tersendiri untuk memberikan sebuah nama kepada anaknya.

Nama saya sendiri adalah Diana Febilia menurut Ibu saya, Diana diambil dari gabungan Ayah dan Ibu saya, bisa juga diartikan sebagai dian yang bahasa arabnya artinya cahaya. Kalau Febilianya itu diambil dari nama bulan yakni bulan Februari karena saya lahir dibulan Februari (ya iyalah…masa bulan Agustus) tepatnya tanggal 14 Februari ulang tahun saya (info gag penting) ^_^

Yaps, itulah arti nama saya, bagaimanapun artinya saya bangga dengan nama itu. Terimakasih Bapak dan Mamah sudah memberikan nama itu ke saya.

Saya pernah denger loh ada seorang anak bernama dede krismon, karena dia lahir pas krisis moneter tahun 1998. Ada juga tente saya bernama Rita Astarita, kata Rita diambil dari kata menderita karena ketika tante saya lahir keluarga saya hidupnya sedang menderita. Beda lagi dengan orang jaman dulu, tetangga saya ada yang bernama Bona (saya manggilnya Cang Bona), menurut sumber yang terpercaya kata Bona diambil karena Cang BOna lahir di hari Rabu, sehingga diberi nama Bona (nyambung ga?). Adalagi tetangga saya namanya Saanih (saya manggilnya Ibu Saanih),Konon Ibu Saanih itu lahir di hari Selasa, sa…saanih deh jadinya.

Beda lagi dengan anak zaman sekarang, ada saudara saya namanya puanjang banget, kalo ga salah namanya Andi Firiyal Aluradinov Hana Mumtaz Daeng Ngugi, dipanggilnya Firiyal, sumpah panjang banget ya namanya…Bertolak belakang dengan Om saya (saya manggilnya Abang), Awalnya nama Abang saya adalah Edy to.. ga ada terusannya lagi, ketika mau daftar SD, ditanya sama kepala sekolahnya, berikut percakapannya:

Bapak Kepsek:   namanya siapa?

Abang saya    :   Edy

Bapak Kepsek:   nama panjangnya Edy, maksud Bapak  Edy doang???

Abang saya    :   iya Pak

Bapak Kepsek:   Bagaimana jika ditambahkan dengan Setiadi?

Setelah berbincang dengan keluarga dan keluarga pun menyetujui alhasil nama Abang saya menjadi Edy Setiadi.
Panjang, pendek, diambil dari nama hari…apapun itu semua nama pasti punya makna tersendiri, karena nama adalah doa, apapun nama yang diberikan oleh orang tua kita patut disyukuri.

Iklan

About diananeeh

nothing special about me Lihat semua pos milik diananeeh

10 responses to “Apalah artinya sebuah nama

  • bundadontworry

    sepakat denganmu Diana,ortu kita memberikan nama penuh dgn kasih sayang dan doa.
    jadi jgn deh sampai ganti nama atau memberikan julukan dgn nama yg tdk baik dan tdk bagus
    salam

    • diananeeh

      senengnya dikunjungi Bunda….
      iya Bun bener banget, kadang nama orang bagus malah dipanggil dengan nama julukan yang kurang bagus, malah kadang nama julukannya yang lebih terkenal dibanding nama aslinya
      salam ^_^

  • sangterasing

    Apalah arti sebuah nama, Shakespere said.
    (bener gak ya?)

    Ternyata saran dari siapapun harus didengarkan
    (termasuk saran nama panjang :D)

    best regards,
    sangterasing

  • diananeeh

    iya, tapi aku terinspirasi setelah mendengarkan ceramah Pa Ustadz bukan dari Shakespere,.
    klo saran itu baik untuk kita mengapa tidak kita terima, itu tru story loh…(mungkin kepsek Abang saya kasihan melihat namanya sangat singkat) ^_^

    Terimakasih sudah sudimampir ke gubuk saya ^_^

  • Citra W. Hapsari

    wah iya,..dengar2 nama memanglah doanya,..
    bahkan tiap barang yg sy miliki jg sy beri nama,..maksudnya karena sy mndoakan barang sy itu :mrgreen:
    contoh,lepy : daffa’ al ayyash (kuat dan banyak pengamannya 😆 )
    tapiiii,..teman2 SD sy dulu jg suka ditambahin namanya sama guru sy, biar enak dipanggil gt,..itu uat mereka yg blm pny akte

  • diananeeh

    becul sekali, oh ya…dikasih nama juga saya malah ga kepikiran, bagus deh nama laptopnya, berarti sama kaya Abang saya ya namanya ditambahin sama gurunya

  • Asop

    Edi Setiadi?
    Bener2 nama orang sunda… sunda pisan euy! 😆

    Kalo perihal nama-nama, saya ada link nih, nama yang baik untuk anak dan nama yang terlarang untuk anak. 🙂

  • diananeeh

    Abang saya bukan orang sunda Asop tapi orang Jakarte asli, memang namanya mencerminkan orang sunda ya?…^_^

    Terimakasih infonya, semoga bisa berguna dikemudian hari infonya ya ^_^

  • kang ian dot com

    hehehehe ya sebenarnya penting banget tu nama.. kalau g ada nama gimana mau manggilnya ya 😀

  • diananeeh

    iya betul sekali…bingung juga mau panggil apah ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: