Category Archives: Pembelajaran hidup

Bagaikan Gembok dan Anak Kunci

 

Apakah ada diantara kalian yang memiliki profesi  seorang guru, dosen, atau pengajar? Pada saat Anda menguji anak didik Anda dalam sebuah tes, saya yakin bahwa ketika Anda memberikan pertanyaan, Anda pastinya sudah memiliki jawabannya juga. Tidak mungkin Anda memberikan soal kepada mereka sementara Anda sendiri tidak tahu jawaban dari soal yang Anda berikan tersebut.

Hal yang sama berlaku pada sebuah pabrik pembuatan gembok. Mereka tidak hanya menciptakan gembok, tapi juga membuat kunci untuk setiap gembok tersebut. Bayangkan berapa konyolnya mereka jika mereka hanya menjual gembok tanpa anak kunci.

Dua analogi sederhana di atas kiranya memberikan pencerahan kepada kita bahwa hal yang sama Allah lakukan dalam hidup kita. Ketika Allah mengijinkan sebuah persoalan, maka sesungguhnya Dia sudah punya jawaban untuk persoalan tersebut. Allah tidak pernah membiarkan kita mengalami persoalan yang tak terpecahkan atau masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Allah menyediakan kunci untuk setiap pergumulan hidup yang kita alami. Allah tidak hanya menyediakan jawaban atau kunci untuk setiap jawaban atau kunci untuk setiap masalah yang kita alami, tetapi Allah juga bijak dalam mengukur kemampuan dan kapasitas kita dalam menanggung persoalan. Allah tidak akan pernah memberikan soal yang melebihi kemampuan kita.

Bukankah seorang guru tidak akan memberikan soal kelas VI untuk anak yang masih kelas 1? Jika seorang guru saja bisa demikian bijak dalam menakar kemampuan kita, apalagi Allah yang telah menciptakan kita?

Melalui kebenaran ini kita diingatkan agar jangan sampai menjadi orang yang mudah mengeluh dan merasa persoalan yang kita alami sangat berat dan tak tertangguhkan. Jangan juga kita menjadi orang yang mudah putus asa karena berfikir masalah kita tidak ada jalan keluarnya. Ingatlah bahwa ada soal berarti ada jawabannya, ada gembok ada kuncinya. Ketika Allah mengijinkan sebuah persoalan, Dia sudah menyediakan kunci jawannya.

Iklan

b.i.s.k.u.i.t

Seorang janda miskin bernama Siu Lan mempunyai seorang anak berumur 7 tahun bernama Lie Mei. Kemiskinan membuat Lie Mei harus membantu ibunya untuk berjualan kue di pasar, sehingga ia tak sempat untuk bermalas-malasan bahkan bermanja ria dengan ibunya sendiri. Pada saat musim dingin, saat selesai membuat kue, Siu Lan melihat keranjang kuenya sudah rusak dan Siu Lan pun berpesan kepada Lei Mie untuk menunggu di rumah karena ia akan membeli keranjang kue yang baru.

Saat pulang, Siu Lan tidak menemukan Lie Mei di rumah, Siu Lan pun langsung sangat marah. Putrinya benar-benar tidak tau diri, hidup sudah susah tapi masih juga pergi main-main, padahal tadi sudah dipesan agar menunggu rumah. Akhirnya Siu Lan pergi sendiri untuk menjual kuenya dan sebagai hukuman pintu rumahnya dikunci dari luar agar Lie Mei tidak dapat masuk. Putrinya mesti diberi pelajaran, pikirnya geram.

Sepulang dari jualan kue, Siu Lan menemukan Lie Mei, gadis kecil itu tergeletak di depan pintu. Siu Lan berlari memeluk Lie Mei yang membeku dan sudah tak bernyawa lagi. Jeritan Siu Lan memcah kebekuan salju dan saat itu ia menangis meraung-raung, tetapi Lie Mei tetap tidak bergerak. Dengan segera Siu Lan membopong Lie Mei masuk ke dalam rumah. Siu Lan mengguncang-guncang tubuh beku putri kecilnya sambil meneriakkan nama Lie Mei. Tiba-tiba sebuah bingkisan kecil jatuh dari tangan Lie Mei. Siu Lan mengambil bungkusan kecil itu dan membuka isinya. Isinya ternyata ada sebuah biskuit kecil yang dibungkus kertas usang dan tulisan kecil yang ada di kertas adalah tulisan Lie Mei yang berantakan tapi masih bisa dibaca, “Mama pasti lupa, ini hari istimewa bagi Mama, aku membelikan biskuit kecil ini untuk hadiah, uangku tidak cukup untuk membeli biskuit yang besar. Selamat Ulang Tahun Mama”.

Kisah nyata ini dimuat di harian Xia Wen Pao-Cina tahun 2007

Dari kisah diatas ada bebrapa hal yang kita jadikan pelajaran:

* Negative thingking dapat menyebabkan penyesalan seumur hidup

*Ayo berpositive thingking dan bijak sebelum bertindak, karena penyesalan selalu datang terakhir

* Emosi adalah kecepatan lidah bekerja dibandingkan dengan fikiran

Ini adalah satu satu broadcast yang saya terima dari teman kuliah, sengaja saya posting disini, untuk dapat dijadikan renungan untuk saya dan dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua.

 

 

 


Emang bukan rezekinya ^_^

Hari ini, sebelum kerja saya mau ke ATM dulu di loby kantor, setelah melakukan transaksi ternyata uangnya ga keluar2 tapi saldo rekeningnya sudah berkurang, huft….memang bukan rezeki saya, mau diapakan lagi. Walaupun saya lapor ke CS banknya juga ga bakalan mau untuk mengganti uang saya yang hilang. Tapi, atas kejadian ini saya bersyukur Alhamdulillah ya Rabb, atas teguran-Mu kepadaku, ini berarti secara tidak langsung Engkau telah  mengingatkanku untuk bersedekah atas rezeki yang telah Engkau berikan kepadaku, mengingatkanku untuk tidak kikir ,mengingatkanku agar sering memberi kepada yang tak mampu.

Mungkin itu memang bukan rezeki untuk saya, yah sudah direlakan saja. Allah mungkin akan menggantinya dengan rezeki yang lebih banyak lagi, aamiin, husnuzon sajalah di sama Maha Yang Memberikan Rezeki. Dibulan Ramadhan yang penuh berkah, ini hanyalah sekedar sentilan dari Allah, untuk melihat seberapa besar keikhlasan dan kesabaran saya dalam menghadapinya.

Saya langsung teringat sama kejadian teman dan saudara saya yang berhubungan dengan ATM, saudara saya pernah mengalami nasib yang sama seperti saya, bahkan nominal uangnya lebih banyak dari saya. Lebih tragis lagi kisah teman saya, waktunya kejadiannya hampir bersamaan dengan saya, yakni mendekati lebaran tiba, teman saya ke ATM mau ambil uang untuk dibawa pulang kampung, tapi ternyata kartu ATMnya malah tertelan oleh mesin ATMnya. Trus, dia langsung telpon call center yang tertera di mesin ATM, dan ternyata dia diminta nomor pin sama operator bank tersebut. Setau saya nomor pin itu hanya kita yang tau dan petugas bank pun ga bakalan nanya nomor pin kita. Karena teman saya sudah bingung dan panik, akhirnya dia menyebutkan nomor pinnya, maka terkuraslah semua uang yang ada di rekeningnya. Operator tersebut hanyalah oknum yang tidak bertanggung jawab, tidak mau bekerja keras dalam mencari uang, padahal teman saya itu sudah susah payah mengumpulkan uang buat lebaran kok malah ditipu ya….astagfirullahalaziim, kok ada ya orang jahat banget.

Untuk itu, ada tips buat temen2 klo lagi ngambil ATM,

  1. pertama: cari letak ATM yang ramai jangan yang sepi, karena bisa jadi ATM itu sudah disabotase oleh oknum tertentu.
  2. kedua: jangan langsung percaya sama call center yang ada di mesin ATM, bisa jadi itu modus operandinya si penjahat, untuk itu kita harus tau call center bank sebenarnya.
  3. ketiga: jaga kerahasiaan nomor pin anda, jangan kasih tau siapa2, sekalipun itu teller bank, lagipula teller ga bakalan nanyain no pin kita berapa, klo petugas banknya nanya no pin berarti patut dicurigai.
  4. keempat: jangan panik jika ada masalah atau gangguan, tetap berpikir jernih.
  5. kelima: belajar ikhlas, jika memang uang anda sudah terambil sama orang lain.

Intinya, semua musibah pasti ada hikmahnya, bercerminlah pada hatimu, apakah kita sudah bersyukur atas segala nikmat dari-Nya?


life is choice

tentukan pilihan hidup mu

Siang ini, di masjid kantor ada tausiyah sangat menarik, yakni tentang hidup adalah pilihan  dengan pembicara felix (seorang alumi IPB sekaligus mualaf sejak umur 18 tahun), karena tema dan penyampaiannya sangat menarik maka saya memutuskan untuk tidak tidur siang tetapi fokus mendengarkan tausiyahnya. Berikut kesimpulan yang saya dapatkan dari tausiyah tadi siang ba’da sholat zuhur. Cara meramal masa depan hidup kita:

1. Hidup adalah pilihan, hidup kita sekarang adalah pilihan kita dimasa lalu dan hidup kita nanti ditentukan dari sekarang.Anda sekarang menjadi berhasil menjadi pengacara hebat karena dulu Anda memutuskan untuk belajar hukum dengan giat dan sekarang sukses, tapi jika Anda sekarang menjadi seorang tukang becak karena dulu Anda malas sekolah dan malas belajar.

2. Hidup adalah pilihan, dan hanya satu pilihan yang dapat dibuat dalam kehidupan (karena terlalu banyak pilihan membuat hidup semerawut, untuk itu jalani satu pilihan dan tekuni itu). Makdunya gini loh…jika Anda mempunyai 2 pilihan mau punya 1 iatri atau 2 istri?? memang disunahkan untuk memiliki lebih dari 1 orang istri tapi harus bisa berlaku adil. Dari pada ribet punya dua istri dan ga bisa berlaku adil mending urusin 1 istri saja yang bener, iya gak??

3. Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan mempunyai resiko, sudah memilih saja berisiko tapi klo tidak memilih bakalan berisiko juga kok, contohnya hidup menjadi orang baik atau hidup menjadi orang jahat? itu adalah pilihan tapi semuanya bakalan merasakan mati juga, tapi mendingan menjadi orang baik klo sudah mati bisa masuk sorga. Klo boleh ngsih contoh, lebih enak naik kendaraan apa ya? naik pesawat takut jatuh, naik kapal laut takut tenggelam, naik mobil takut ketabrak, mending jalan kaki ajah deh…eitss….jangan kira jalan kaki tidak beresiko loh ya…karena klo pejalan kaki itu resikonya ya ditabrak…jadi pilih yang mana??

4. Hidup adalah pilihan, mau jadi orang biasa atau menjadi orang istimewa??. Karena orang istimewa itu sedikit jumlahnya dibandingkan orang yang biasa, akan tetapi orang yang sedikit itu belum tentu menjadi orang bener tapi orang bener itu jumlahnya seidkit, maka hati2lah dalam bergaul. Klo boleh nanya, lebih susah mana masuk sorga atau masuk neraka??. Lebih susah masuk sorga lah (nenek juga tau ya kayanya), tapi klo menurut saya (pembicaranya) lebih susah masuk neraka karena klo mau ke surga yakni dengan sholat dimasjid ga perlu bayar alias gretongan tapi klo ke neraka yakni dugem di diskotek harus bayar.

Hidup manusia bagaikan nelayan di atas sampan yang berada di lautan lepas, ia bisa mengayuh sampannya ke kanan atau ke kiri dan ia bertanggung jawab sendiri atas pilihannya, begitu juga hidup manusia, hidup saya, hidup kita. Hidup adalah pilihan, anda menjadi seorang karyawan, pengusaha, kuli, adalah pilihan Anda. Anda mau jadi orang sukses tanpa kerja keras nothing karena sukses datang tidak dengan ujug ujug (ngarti kaga???, keluar dah bahasa daerahnya) maksudnya sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi butuh kerja keras, doa, pengorbanan, bahkan segenggam air mata.


Nyicil Utang yu…

Ramadhan sebentar lagi….Ramadhan sebentar lagi….

Yaps….Ramadhan tinggal 2 bulan lagi….yang cewe2 dah pada bayar puasanya belum???, sekedar mengingatkan khususnya untuk  diri sendiri, adik2ku, keluargaku en sahabat2ku…Yuks pada bayar puasa skaligus membiasakan diri sebelum menyambut datangnya bulan Ramadhan, saya sendiri juga utangnya belum lunas, he…he….

Biasanya banyak orang termasuk diri saya sendiri yang baru bayar utang puasa Ramadhan mendekati bulan Ramadhan tiba (semoga saya bisa merubah kebiasaan buruk ini ya). Padahal kan saya bisa membayarnya jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba lagi, bener ga??. Tapi karena belum ada tekanan kadang saya suka menunda-nunda untuk bayar utang puasa (malas sekali saya ya), tekanan disini ya karena Ramadhan bakalan datang 2 bulan lagi, saya jadi terpacu untuk mebayar utang puasa saya.

Kemarin pas mau maksi sama temen kantor, kita lagi ngomongin bayar utang puasa Ramadhan, eh…pas dengerin ceramah di Masjid ba’da zuhur tema ceramahnya saman, kok bisa ya???. Intinya Pa Ustadz mengajak kita untuk semangat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Waktu kemaren  ada acara KIMCHI pas SUJU mau dateng ke sini, acaranya kan sudah dikkabarin dari jauh2 bulan sebelumnya bukan? terus para penggemarnya sangat amat antusias padahal tiketnya mahal banget, paling murah 500rb tapi banyak yang beli termasuk teman saya, he…he…peace ah. Klo bulan suci Ramadhan tiba bagaimana? apakah seantusias itu? padahal kan klo bulan suci Ramadhan ga perlu bayar tiket semahal ituh, tiketnya gretongan cyin…

Selain itu kita juga harus mempersiapkan ilmunya, jangan sampai ketika tiba bulan Ramadhan kita masih bingung klo kentut pas puasa batal atau engga?, klo ilmunya sudah dapet jangan lupa untuk menyusun program apa saja yang bakalan dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Misalkan program Ramadhan kali ini mau melakukan Shalat Tarawih full selama sebulan tanpa bolong2 klo perlu fotokopi buku agenda Ramadhan anak SD ajah trus klo abis tarawih minta pafar sama imamnya deh…(ga segitunya juga kale di…..), ya pokoknya atur program sebisanya deh biar apa yang sudah kita programkan bisa terlaksana jangan cuma sekedar program.

Saya jadi inget 3m nya a’a gym, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai dari sekarang. Tidak ada salahnya kan jika kita mulai membiasakan untuk rajin ibadah tanpa perlu menunggu bulan Ramadhan tiba. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan taun kemarin. Jangan mensia-siakan Ramadhan untuk berlalu begitu saja karena belum tentu ketika Ramadhan tiba kita masih hidup…Bukan bermaksud untuk menggurui orang lain, karena diri sendiri pun masih banyak kekurangan, hanya sekedar mengingatkan khususnya untuk diri sendiri dan para sahabat yang sudah berkunjung disini…Smoga kita berada dalam kebaikan dan lindungan-Nya ^_^


>Belajar ikhlassSS

>

Luruskan niat dan mantabkan hati untuk mendapatkan ridho ILLAHI
itu adalah staus difacebook gw pagi ini, hemm……. sangat sulit memang untuk menjadi ikhlas…

Dan ketika gw menyempatkan diri untuk sholat dzuhur berjamaah dimasjid kantor gw, sekaligus mendengarkan ceramah siang itu (sangking khusyuknya mendengarkan ampe ketiduran#ngeles.com) pas banget sama status gw difacebook, mungkin pa ustadznya ngebaca status gw difacebook kali ye…:)

Kata pa ustadznya ikhlas artinya menjalankan sesuatu demi mendapatkan ridho Allah SWT bukan yang lain, baik itu bekerja atau beribadah. Bekerja itu harus ikhlas agar kita menjalaninya dengan ringan, trus kita juga harus banyak mengingat Allah dalam hidup sehari-hari, terlebih saat kita bekerja di kantor.

Orang kantoran biasanya bekerja dari jam 8-5, jadi untuk mengingat Allah paling saat sholat dzuhur dan ashar ajah, sisa waktunya digunakan untuk bekerja. Lalu apa dong yang kita bawa kalau kita sedikit mengingat Allah ketika kita di padang mahsyar??? hasil laporan keuangankah? rekapan pajakkah? atau setumpuk invoice??
Jelas bukan itu jawabannya, amal lah yang menemani kita di padang mahsyar kelak, unutk itu pa ustadz mengajak kita untuk sering mengingat Allah.

Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyaksupaya kamu beruntung

Dengan ikhlas maka pekerjaan berat akan terasa ringat, macet 1 km juga tidak mengeluh, mendapat rezeki sedikit tetep bersyukur karena kita melakukannya ikhlas karena Allah.

Yap….bicara memang mudah tapi sulit untuk dijalankan.
Yuk…mulai saat ini kita sama2 untuk belajar dan belajar untuk ikhlas menjalankan segala sesuatunya kerena Allah, bukan karena hal lain, sebab perbuatan baik yang dilakukan bukan karena Allah bisa menjadi boomerang untuk kita.
Duhai pembolak balik hati, jagalah hatiku agar selalu ikhlas menjalankan segala sesuatu karena-Mu ya Rabb…
Jaga hatiku agar selalu mengingat-Mu dan selalu dijalan-Mu, jalan orang-orang yang Engkau ridhoi dan Engkau beri nikmat..
Ya…Rahman…Ya…Rahim…cukuplah bagiku rizki yang ku dapat dari-Mu, dan berkahilah ya Rabb…Amin…

Oh iya, lihat tulisan temen saya juga ya, punyanya mba Rindu, postingannya sangat menarik, mangkanya saya masukkin disini, cekidot….http://rinduku.wordpress.com/2010/04/15/menjadi-sederhana/


>Hidup itu Masalah, Masalah itu Hidup

>Selama manusia hidup pasti akan ada masalah yang akan menghampirinya, bahkan orang yang sudah meninggal pun terkadang meninggalkan masalah.
Jangan kan orang yang sudah meninggal, orang hidup ajah masalahnya banyak, mulei dari masalah keuangan, jodoh, karir, anak, sekolah….wah pokoknya bnyak buangetttttt dah……….
Itu semua karena masalah akan terus menyapa hidup kita selama kita masih bernyawa. Dan yakinlah bahwa Allah tidak akan menguji kita diluar kemampuan hambanya.
Terkadang dengan adanya masalah dapat membuat kita untuk lebih bijak, lebih dewasa dalam menjalani kehidupan. Dan masalah dapat dijadikan pembelajaran untuk diri kita agar kita tidak jatuh ke jurang yang sama.
Jadikan masalah menjadi sebuah ladang amal untuk kita, dan semoga kita dapat mengambil hikmah atas masalah yang sedang menimpa diri kita

Masalah dari masalah yang ada (ngebingungin ga kata2nya???)maksudnyayakni bagaimana cara kita dalam menghadapi masalah yang ada. Terkadang kita salah dalam mengambil keputusan, berfikir pendek, bahkan gelap mata dalam menghadapi masalah tersebut (nauzubillahi min zalik).

Di zaman sekarang banyak orang yang teradang menjadi gelap mata dalam menghadapi masalah. Buktinya banyak kok, dikoran, ditivi banyak pemberitaan mengenai seorang ibu membunuh darah dagingnya sendiri akibat buah cinta yang trlarang, atau seorang anak melaporkan ibu kandungnya sendiri, padahal kan mereka yang melahirkan kita kok tega ya melaporkan ibu kandung sendiri ke polisi, sangat disayangkan…..

Mungkin bila masalah sedang menghampiri kita setan mulai membayang-bayangi kita untuk menjadi gelap mata.

Saya jadi teringat akan pesan teman saya, Mba sri yang sering mengirimi saya kata2 bijak, dan biasanya mba sri ini kata bijaknya pas banget sama masalah yang sedang saya hadapi.

Barangkali kita tak bisa mengubah keadaan, tapibukankah kita bisa mengubah sikap kita dalam menghadapinya??
Kita tak bisa mengubah arah angin, tapi kita bisa mengubah arah sayap kita.
Lalu serahkan hasil akhirnya pada Alloh semata


Itu pesan singkat yang mba sri sms kan ke hape saya, thx ya mba sri sayank….dah mengingatkan aku dalam menghadapi suatu masalah.
Semoga Allah akan selalu menjada hati dan fikiran kita dalam menghadapi suatu masalah.
Dan semoga Allah menjaga kita dalam ketaqwaan dan kebaikan.